Sinergisitas Ortom 2(habis)

oleh : Khoirul Azmi R.

Bersinergi itu memiliki makna saling menguatkan dan mengisi. Itulah mengapa perandaian sinergisitas itu adalah “1 + 1 = 3” . dari perandaian di atas sungguh luar biasa ketika kita mampu bersinergi dalam hal apapun.

IPM sebagai benih awal kader persyarikatan Muhammadiyah merupakan lahan garap luas nan universal di kalangan pelajar. Itulah sebabnya maju tidaknya Muhammadiyah di masa mendatang tergantung kepada seberapa serius para kadernya ini memahami cita-cita persyarikatan.

Dalam perkembangan yang sedemikian cepat ini, kader-kader Muhammadiyah (Ipmawan & Ipmawati) dituntut untuk bisa mengadaptasi segala yang menjadi cita-cita perjuangan pergerakan Muhammadiyah.

Hal ini pula yang mendorong warga IPM baik kader, anggota, maupun simpatisan untuk bisa mengadaptasi tipe pergerakan di atasnya, yaitu Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA). mengapa harus secepat itu ? bukankah AD/ART IPM mengatakan bahwa anggota IPM berusia 12 – 22 tahun ?

Inilah yang perlu menjadi perhatian khusus kita. Ketika kader-kader muda kita terlena di dalam gerakan kepelajaran, kakanda-kakanda kita di atas justru sebaliknya. Mereka (PM & NA) mayoritas benar-benar kesulitan mencari kader yang mampu untuk menggerakkan ortom. Ketika IPM mampu mendapat “suplai” SDM kader dari sekolah-sekolah Muhammadiyah, PM & NA justru kesulitan me-rekrut kader yang mau membantu atau setidaknya beradaptasi dengan ortom mereka dari kalangan IPM.

Maka, disinilah pokok ketidak sinergisan ortom-ortom kita. Setidaknya itulah gambaran sang penulis di Mojokerto. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, IPM justru dihuni oleh kader-kader yang seharusnya sudah berada / sudah mampu untuk berkecimpung dalam kehidupan dan pergerakan PM.

Hal ini, juga selain menjadi faktor penghambat pergerakan PM & NA, ini juga menjadi penghambat bagi IPM sendiri dalam mengembangkan kader-kader barunya. Ini dikarenakan IPM masih dikontrol bebas oleh kader ‘dewasa’, sehingga tidak ada ruang bagi kader-kader baru di IPM untuk bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran baru bagi kemajuan IPM.

Yang pada akhirnya akan membangun sebuah konsep kesinergisan positif oleh ortom-ortom dalam satu naungan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s