AIDS dan Kapitalisme

Oleh: Saifuddin Zuhri (Kabid PIP IPM Mojokerto)

1 Desember adalah hari AIDS sedunia, dimana banyak para aktifis-aktifis dari berbagai kalangan mulai dari NGO-NGO, organisasi-organisasi kemasyarakatan, mahasiswa dll melakukan aksi damai untuk memperingati hari AIDS ini. Kegiatan mulai dari aksi damai di jalan-jalan bahkan hampir ada di berbagai kota, penyadaran tentang bahaya penyakit AIDS di kalangan para remaja, seminar-seminar tentang AIDS,  bahkan sampai ada yang melakukan kegiatan pembagian kondom kepada masyarakat dengan dalih Free Sex yang aman dan upaya edukasi untuk tidak menggunakan jarum suntik bergantian saat menghisab narkoba. Astaghfirullah..

Sobat IPM, AIDS adalah penyakit kekurangan imun (kekebalan tubuh) yang disebabkan berbagai faktor mulai dari free sex, menghisab narkoba secara bergantian dengan jarum suntik yang sama dll. Penyakit AIDS sampai sekarang ini tidak ditemukan obatnya, dan rata-rata penderita ini berujung kepada kematian. Penyakit ini menular melalui hubungan pasangan, ibu dan anak, jarum suntik, dll.

Kapitalisme dan AIDS.

Kapitalisme adalah sebuah ideologi yang mengajari manusia untuk hidup bebas, bebas berperilaku, bebas bertindak, bebas segalanya. Kapitalisme berkembang di dunia barat dan saat ini negeri kita hidup dibawah kubangan Kapitalisme. Maka tidak heran kalau di negara-negara barat, negara eropa dan termasuk negeri kita sendiri jumlah penderita AIDS ternyata tidak sedikit, malah kian tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berbagai macam upaya penyadaran dan pencegahan pun dilakukan. Penyadaran dan pencegahan sekarang ini ternyata hanya  pada level satu, misalnya melakukan edukasi, aksi damai, seminar-seminar bahaya AIDS dll. Tetapi sistem kapitalisme yang menyebabkan penyakit AIDS itu sendiri masih di terapkan?

Islam memberikan Solusi

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar” (QS- Ar-Rum: 41)

Fasad adalah kerusakan karena ulah tangan-tangan manusia. Dan AIDS adalah penyakit (fasad) yang ditimbulkan karena pergaulan umat manusia yang tidak taat kepada peraturan Allah yakni Islam. Maka tidak lain solusi mendasar atas AIDS adalah membuang sistem Kapitalisme itu dan beralih kepada Syari’at Islam, sebagai mana firman Allah:

“Inilah kitab (Al-qur’an) yang diturunkan oleh TuhanMu sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa” (QS Al-Baqarah; 2). Wallahu ‘alam bis showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s