Gaya Hidup Sehat Anak IPM

Oleh: Ipmawan Zuhri (Kabid PIP IPM Mojokerto)

Makan Sayur-sayuran.

Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. makanlah dan gembalakanlah binatang-binatangmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal.” (QS Thoha 53-54)

Sobat Muda IPM, sayur-sayuran sangat penting bagi tubuh kita, karena di dalam sayuran terdapat banyak zat besi, kalsium dan unsur-unsur pembangun dan pembentuk tubuh kita. Teman-teman tentu tahu Popeye kan? Dia tiba-tiba menjadi kuat setelah makan bayam. Nah ini yang perlu kita contoh. Allah pun sudah memerintahkannya kepada kita di dalam surat Thoha ayat 53-54. So, apa lagi, besok mari kita agendakan untuk makan sayur-sayuran. Misal: sayur kangkung, sayur bayam, sop wortel dll, yuk?

Makan buah-buahan

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila Dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan” (QS- Al-An’am 141)

Sepertinya kita jauh dari buah-buahan. Betul tidak? penulis sendiri juga merasakan jarang memakan buah-buahan, kalau tidak ada maulid nabi ya tidak makan buah-buahan. So, karena Al-Qur’an juga sudah memerintahkan kita untuk makan buah-buahan, mari selain besok kita agendakan untuk makan sayur-sayuran, kita juga agendakan untuk makan buah-buahan. Kita pakai buah-buahan yang murah saja, misal pisang, mangga, jeruk dll. Kalau punn teman-teman ingin yang mahal juga tidak apa-apa (Apel, buah peer, kiwi, dll) hehe!

Minum Susu

Dan Sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.”( An-Nahl 66)

Sehari-hari minum susu? Bisakah? Penulis juga menyadari kalau juga jarang minum susu. Mungkin sebagian besar dari kita beranggapan susu utamanya susu bubuk itu mahal ya?hmm..jangan kalah sama adik bayi ya?wkwkwk

Mengkonsumsi Produk Lebah

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (An-Nahl 69).

Ayo kita agendakan juga mengkonsumsi produk-produk lebah ya? Maaf, bukan sarang lebah, maksud penulis adalah madunya. Ada banyak jenis-jenis madu diantaranya ada royal jelly, propolis dan masih banyak lagi. Silahkan beli di toko-toko terdekat.

Berolah Raga. Yuk!

Sobat muda IPM tentunya pernah dengar ada hadis yang berbunyi “Al-Aqlus salim fi jismis salim” yang artinya di dalam akal yang sehar pasti terdapat di dalam jiwa/tubuh yang sehat. Dan juga masih banyak keutamaan-keutamaan orang yang jasmani nya sehat, misalnya Allah lebih mencintai seorang mukmin yang kuat dari pada mukmin yang lemah.

Yuk, besok juga kita agendakan untuk berolah raga rutin, 2 hari sekali, 3 hari sekali, ataupun bisa satu minggu sekali. Do you know?Nabi kita itu menyuruh kita itu untuk berolah raga lho? Dalam sebuah hadis dari Thabrani, “hendaklah kalian bermain panah, karena itu permainan yang baik. Di dalam hadis yang lain juga di nyatakan tentang keutamaan berenang, berkuda dan memanah. So tunggu apa lagi. Tubuh KUAT, akal pun SEHAT..anak IPM memang HEBAT!!

4 pemikiran pada “Gaya Hidup Sehat Anak IPM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s