Duh, Aku Gugup Saat Mengisi Kajian IPM!

Oleh: Ipmawan Zuhrie (Kabid PIP IPM Mojokerto)

Assalamu’alaikum, sobat IPM!, jumpa lagi dengan rubrik curhat IPM, meskipun kali ini saya sendiri yang akan mengisi ruang curhat kita kali ini yang dimana akan membahas apa saja tentang masalah-masalah kamu. Ya meskipun saya juga banyak masalah, tapi tak apalah. Sobat IPM, kali ini saya akan membahas tentang ‘gugup saat mengisi kajian’. Nah ini yang sering kita alami pastinya saat kita mengisi kajian di IPM. Mungkin sebagian dari kita ketika mengisi kajian, ‘virus’ aziz gagap-nya langsung keluar. (ah, ini itu, eemm, apa ya, lalu, eee) kata-kata itulah yang sering kita ucapkan dan ulang-ulang. Dan lebih hebatnya lagi saat kita tampil di depan kita langsung bersimbah keringat. Benar kan?

Sobat IPM yang budiman, gugup saat mengisi kajian, tampil didepan umum,, pidato, mengisi kajian, sambutan dll adalah wujud expresi kita dari rasa ketakutan. Rasa ini merupakan implementasi naluri mempertahankan diri (gharizatul baqa’) yang dianugrahkan oleh Allah oleh setiap manusia. Rasa ketakutan ini bisa muncul dari dalam diri kita sendiri misalnya saat mengisi kajian, saat melakukan sambutan dalam sebuah pidato, saat bertemu dengan orang lain, memimpin sebuah rapat atau meeting dll. Jika rasa takut ini terjadi kemampuan kosentrasi kita bisa jadi hilang seketika, dan timbullah kekacauan berfikir. Selain itu ketakutan ini bisa juga berasal dari faktor luar misalnya takut kepada bayangan pohon, takut kepada harimau, takut kepada hewan buas dll. Sobat IPM, terkadang takut itu baik dan bermanfaat bagi kita, misalnya takut kepada Allah, takut kepada siksaNya dimana takut kepada Allah dan siksaNya ini adalah suatu keharusan bagi kita yang mengaku sebagai Muslim. Patut kiranya takut kepada Allah ini kita tumbuh kembangkan dalam jiwa kita.
Sobat IPM yang budiman, sebenarnya gugup saat mengisi kajian tidak seharusnya kita lakukan jikalau kita sudah mempersiapkan segalanya baik itu materi ataupun niat dan rasa kepercaya dirian kita. berikut ada beberapa tips;

  1. Lakukan persiapan materi sebelum mengisi kajian. Tentukan materi apa yang disampaikan, catatlah point per point, ayat-ayat atau dalil kita catat dan kalau perlu di hafalkan.

  2. Paksa diri kita untuk tidak canggung saat mengisi kajian. Itu artinya kita harus full percaya diri.

  3. Kita datang lebih awal di kajian tersebut. Waktu yang mepet atau bahkan terlambat bisa jadi membuat kita gugup dan deg-degan.

  4. Kenalilah terlebih dahulu audiens, dengan melakukan dialog-dialog ringan sebelum kajian dimulai. Ini akan membuat kita rileks sejenak dan akrab dengan audiens.

  5. Yakin, artinya yakin bahwa kita nanti pasti bisa mengisi kajian.

  6. Berdo’a memohon pertolongan kepada Allah. Do’anya:

Robbisrohli sodri wa yassirly amri wahlul uqdatan mil lisani yafqohu qouli

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mengerti perkataanku”.

  1. Ada pepatah mengatakan bahwa “tajamnya pedang karena ia sering diasah”. Ya, kita lakukan dan seringlah mengisi kajian, baik itu di tingkat IPM Ranting, IPM Cabang, IPM Daerah ataupun di forum-forum keislaman lain.

  2. Lakukan update masalah-masalah keislaman baik itu dengan membaca kitab-kitab islami, membeli buku-buku, kaset-kaset CD keislaman, mendengarkan ceramah-ceramah muballigh yang sudah mahir di televisi atau radio, ataupun bisa juga sering hadir mengikuti kajian-kajian keislaman lain, atau mengikuti Pengajian Umum Ahad Pagi yang setiap rutin diadakan Persyarikatan Muhammadiyah. Ibarat sebuah teko atau ceret, teko/ceret tersebut bisa menuangkan air jika sebelumnya sudah di isi air. Persis sama halnya dengan kita. kita bisa mengisi kajian, jikalau kita sebelumnya mendapatkan materi kajian yang akan kita sampaikan tsb. Dari mana? Ya dari hal-hal diatas seperti kajian lain, kitab/buku, ceramah atau kaset kaset. dll

  3. Sering-seringlah berdiskusi keislaman. Berdiskusi adalah senjata ampuh untuk kita untuk mengasah kemampuan nalar berfikir kritis kita dan melatih kita untuk mengasah pemahaman segala-hal.

Demikian beberapa tips dari saya tentang bagaimana mengatasi gugup saat mengisi kajian. Tetap semangat sobat IPM, ma’an najah!!! Nun walqolami wamayasturun.(Ipmawan Zuhrie_Kabid PIP IPM Mojokerto)

Catatan: Kamu bisa bergabung di forum curhat IPM bersama ipmawan zuhri dan sampaikan curhatmu tentang semua masalah apa saja yang kamu alami dengan cara:

ketik sms: [nama] [PR/PC/PD IPM mana] [curhat kamu] kirim ke 085736008123.

tidak dipungut biaya alias gratis. Dan jawaban akan dimuat di blog IPM Mojokerto. nama pencurhat akan dirahasiakan. Jazakumulloh khoiron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s