Tulisan KH Ahmad Dahlan

Tulisan ini adalah tulisan yang ditulis tangannya sendiri di papan tulis di kamarnya, memesan dan mewasiati dirinya sendiri, beliau menulisnya dengan bahasa arab dan bahasa jawa.

Yaa Dahlan, innal haula a’dlamu wal umurul mufszi’atu amamaka, wa labudda laka min musyahadati dzalika. Imma bijannati waimmabil ‘athab.

Yaa Dahlan, Qaddir nafsaka fil ‘alami wahdaka ma’allah, wabayna yadaikal mautu wal ardhu wal hisab, wal jannah, wan-naar. Wata’ammal fima ja’nika wamimma bayna yadaika wa da’. (bahasa arab)

Anggone pada demen donya iku pada entuk diploma tur tanpo sekolah. Nanging anggone pada sekolah demen akherat iku podo ora bisa munggak kelase, tur podo nemen, yaiku pertandane wang bakal ciloko donyo akherat. Awit ora gelem meper howo nasfune. (bahasa jawa). Afaro’aita manit takhoda ilaahahu hawahu.”

Artinya:

Hai dahlan, sesungguhnya perkara yang menakutkan lebih besar dan hal-hal yang sangat buruk telah berada di depanmu dan pasti engkau akan melihatnya, mungkin engkau akan selama atau engkau akan tewas.

Hai dahlan, kuatkanlah dirimu. Dunia ini sendirian beserta Allah dan mukamu akan mati, pembalasan, pemeriksaan, syurga dan neraka. Dan berpikirlah apa yang engkau mendekati engkau dari sesuatu yang ada di mukamu dan tinggal selain itu

Mereka pada suka kepada dunia, sama mendapat di ploma padahal tanpa sekolah, akan tetapi mereka yang bersekolah karena suka akhirat, tidak pernah naik kelasnya. Padahal mereka bersungguh-sungguh. Hal ini menggambarkan orang yang celaka di dunia dan akhirat. Karena tidak mau mengekang hawa nafsunya. Apakah engkau tidak melihat, orang yang mempertuhankan hawa nasfunya?” (diambil dari junus salam, buku terbitan PP Muhammadiyah tahun 1968)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s