Muhammadiyah Menuju Pengembangan llmu Pengetahuan dan Teknologi.

                                                          Oleh: Ipmawan Zuhri (Kabid PIP IPM Mojokerto)

Muhammadiyah sudah mencapai usia nya yang satu abad lebih tentunya dalam geraknya harus senantiasa melihat perkembangan zaman, arus perubahan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagaimana sebenarnya Muhammadiyah memandang hal tersebut? Ternyata persyarikatan kita, Muhammadiyah sudah menjelaskannya dengan sejelas-jelasnya terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Buku Pedoman Hidup Islami (PHI) Warga Muhammadiyah. Berikut selengkapnya:

  1. Setiap warga Muhammadiyah wajib menguasai dan memiliki keunggulan dalam kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana kehidupan yang penting untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

  2. Setiap warga Muhamamdiyah harus memiliki sifat-sifat ilmuwan, yaitu kritis, terbuka menerima kebenaran dari manapun datangnya, serta senantiasa menggunakan nalar.

  3. Kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian tidak terpisahkan dengan ilman dan amal shoalih yang menunjukkan derajat kaum muslimin dan membentuk pribadi ulil albab.

  4. Setiap warga Muhammadiyah dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki mempunyai kewajiban untuk mengajarkan kepada masyarakat, memberi peringatan, memanfaatkan untuk kemashlahatan dan mencerahkan kehidupan sebagai wujud ibadah, jihad dan dakwah.

  5. Menggairahkan dan menggembirakan gerakan mencari ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi baik melalui pendidikan maupun kegiatan-kegiatan di lingkungan keluarga masyarakat sebagai sarana penting untuk membangun peradaban Islam. Dalam kegiatan ini termasuk menyemarakkan tradisi membaca di lingkungan warga Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s