Tutorial: Bikin Design Kaos IPM Sendiri

TUTORIAL: BIKIN DESAIN KAOS IPM SENDIRI YUK?

Ini bermulai dari keinginan gue untuk nge-buat kaos ipm sendiri, hmm..keren mungkin ya?menunjukkan identitas kita dengan kaos. Hem that’s good idea. pernah suatu kali  gue mengunjungi di sebuah pameran islam, eh disana di jual kaos-kaos islami. Kaos dengan tulisan-tulisan bagus misal “gak ngaji gak gaul”, “muslim militan”, “isy kariman aumut syahidan”. Saat itu lah muncul di benak pikiran nih untuk nge-buat kaos ipm. Nah,  elo-elo pade kepengen kan? Dengan tulisan-tulisan ala ipm tentunya. Ah..udah ah basa-basinya. Sorry bro.

Langsung aja deh kita praktek. Check it out…!

  1. Langkah pertama, you kudu nginstall aplikasi corel draw, terserah bro n’ sis deh, mau yang versi berapa, tapi gue pake versi corel draw X4. oke..bro n’ sis install dulu deh. Kalo gak punya masternya minta ke mas zuhri ya.
  2. Oke, kita asumsikan, mas mbak ipmawan dan ipmawati sudah install. Langkah kedua ialah masik di program nya. Start>program>CorelDRAW Graphics x4>corel draw.
  3. Kalo udah ke buka. Hmm..langkah selanjutnya apa ini?
  4. Langsung saja buat halaman baru, file>new
  5. Nah saat ini kita di hadapkan kepada sebuah lembar kerja corel draw. Langsung saja kita bermain dengan tool-tool yang nantinya kita menggambar kaos ipm. Sebelum menggambar awali dengan bismillah dulu ya? Oke.
  6. Kita pertama kita gunakan tool yang namanya .: freehand, tool ini kita gunakan untuk menggambar garis secara bebas. Ibarat sebuah pencil gitu lah.
  7. Kita gambar sebuah kaos. Ingat keterampilan kita menggambar pada kali ini di uji. Gunakan kesabaran dan keuletan untuk membuat gambar kaos. Buatlah gambar kaos seperti ini.
  8. Nah setelah jadi langkah beri warna pada kaos dengan warna yang kamu suka.
  9. Nah, secara garis besar, kaos kita sudah jadi. Tinggal kita ngasih accesorisnya seperti kerah, dan efek bayangan.
  10. Gimana cara ngasih kerah baju nya? Gunakan lagi tool yang tadi. Yakni Freehand. Kita buat kerah baju, dan lengan nya. Ingat. Kita di uji kesabaran untuk membuat lengan baju dengan memakai freehand. Atur sedemikian rupa sehingga terlihat rapi. Atur arah vektor yang ada tanda panah nya. Ke kanan-kebawah, kesamping dan kekiri dengan memakai tool shape tool.
  11. Langkah selanjutnya kita buat. Logo atau tulisannya. Nah kali ini kita menggunakan tool yang namanya, TextTool atau langsung aja ketik F8 di keyboard. Ketik  tulisan yang kamu ingin kan. Terserah ya!
  12. Setelah jadi atur posisi tulisan di atas gambar kaos yang sudah kita buat tadi. Atur warna tulisan, posisinya sedemikian rupa.
  13. Tidak memiliki nilai seni kiranya, jika gambar kaos ipm yang kita buat tidak ada bayangan pencahayaannya, ada sisi gelap dan sisi terangnya. Kali ini kita di uji lagi dengan kesabaran dan keuletan kita. Plus jiwa seni kita. Hehe.yuk langsung saja klik freehand tool yang sudah kita gunakan tadi. Kita gambar sisi gelap yang ada di bagian lengan kiri lengan, kanan dan dan samping kiri dan kanan kaos. Warna utama kaos saya menggunakan warna kuning (ciri khas anak ipm), sedangkan warna kerah baju dan lengan saya gunakan warna oranye. Sedangkan tulisan “aku anak ipm” saya memakai warna coklat.kembali ke laptop, kita kali ini membuat pencahayan gelap kaos, kita gunakan freehand tool lagi.
  14. Alhamdulillah, kaos ipm kita sudah jadi. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Selamat berlatih, jazakumullohu khoiron katsiro..nun walqolami wamayasturun. (ipmawan zuhri

File lengkap bisa di download disini. >DesainKaosIPM.zip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s