Kisah Amr Ibnu Jamuh dan anaknya

Amr ibnu jamuh, adalah salah satu pembesar di kota Madinah dan pemimpin Bani Salamah. Ia adalah suami dari Hindun binti Amr. Dari pernikahannya dengan Hindun binti Amr ia dikaruniai anak yang bernama Muadz bin Amr.

Anaknya yang bernama Muadz bin Amr sudah terlebih dahulu masuk Islam dan sudah ikut dalam bai’at aqobah ke dua.

Sudah menjadi kebiasaan di Madinah, para pembesar membuat patung-patung tuhan berukuran kecil dan diletakkan di rumah mereka, meskipun sudah ada patung-patung besar yang terdapat di tempat pemujaan umum. Maka sebagai pembesar madinah dan pemimpin kaum amr ibn jamuh juga membuat patung di rumahnya. Yang di berni nama manaf.

Muadz, sang anak yang telah masuk Islam sepakat untuk menjadikan patung Amr ibn Jamuh (ayahnya) sebagai barang permainan dan penghinaan. Di malam hari Muadz menyelinap ke dalam rumah, lalu mengambil petung tsb dan membuang ke galian tempat pembuangan sampah.

Keesokan harinyam saat bangun tidur, amr ibn jamuh sang ayang tidah mendapati patung nya, manaf di tempatnya, setelah mencari ia di temukan di tempat sampah. Ia sangat mara, ia berkata “celaka kalian, siapa yang berbuat kurang ajar terhadap tuhan kami tadi malam” kata amr ibn jamuh.

Lantas kemudian ia membersihkan dengan mencuci dan memberi wangi-wangian sang patung.

Di malam berikutnya, sang anak Muadz yang muslim, melakukan tindakan lagi. Yang sama, hingga ketika amr ibn jamuh putus asa, ia meletakkan pedang di leher patung nya tsb. Dan kemudaian berkatalah muadz dengan patung tsb, “ jika engkau membawa kebaikanm lindungi lah dirimu dengan pedang ini”

Keesukan harinya, amr tidak menemukan patung manaf di tempatnya, tetap di tempat sampah seperti biasanya. Hanya saja, kali ini patung tsb terikat kuat pada bangkai anjing, ia sanga kecewa dan marah.

Hingga, suatu saat para pembesar Madinah yang sudah masuk islam menghapiri Amr ibn Jamuh, hingga bersyahadatlah ia dan kemudian masuk islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s