Lebaran.. oh Lebaran…

Banyuwangi – Usai sudah masa-masa Ramadhanku di Banyuwangi, ketika aku melihat bahwa unsur ke-Islaman yang masih kental di desa tempatku tinggal. ini membuat hati seakan tak ingin meninggalkan kota kelahiran tercinta. tetapi, kemarin lusa tepatnya hari Minggu (28/8) , aku melihat secara realita bahwa remaja sekarang; Banyuwangi khususnya, bahwa dalam pandangan mereka puasa atau tidak, ramadhan atau bukan, itu semua bukanlah masalah. namun yang terpenting bagi mereka adalah sebuah event dimana pada kisaran waktu tersebut terdapat kesempatan untuk beramai-ramai belanja.

Hal ini seperti pada gambar yang saya ambil langsung secara sembunyi-sembunyi ketika saya berada di salah satu pusat perbelanjaan kota Banyuwangi. mereka (pemuda/pemudi) yang berada disana, sama sekali tidak mencerminkan suasana Islami, apalagi suasana Ramadhan. banyak dari mereka berpasang-pasang yang bukan muhrim, laki-laki yang mengenakan pakaian ala kebarat-baratan, perepuan dengan pakaian ‘minim kain’nya, dan anak-anak yang dibiasakan orang tuanya untuk menghirup angin hedonisme.

Namun sangat menyayat hati ketika malam tiba, mushala hanya dipenuhi orang-orang yang telah uzur, bahkan satu saf laki-laki pun tidak penuh ! hanya ada 5-8 orang setiap harinya ! Astaghfirullah…

“Pola hidup Hedonisme atau hura-hura sudah tertanam di hati semua kalangan masyarakat.” itulah kalimat yang sekiranya pantas menggambarkan bagaimana suasana yang terjadi dewasa ini. hanya tawakkal, istiqomah, dan ikhtiar lah yang dapat mendekatkan kita kembali ke jalan yang lurus. dan semoga kita tergolong orang-orang yang mendapat nikmat dan hidayah dari Allah, bukan tergolong orang-orang yang tersesat.

(Ipmawan Ridho – Ceritaku dari Kampung Banyuwangi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s